Apakah Wanita Juga Punya Air Mani? Lalu Seperti Apa Air Mani Wanita Itu?

Sebelum kita membahas tentang air mani wanita, perlu ditekankan di sini bahwa uraian ini bukanlah uraian fulgar semata yang tidak bermanfaat. Pertanyaan seperti ini memang terasa agak jorok, namun hal ini tidak perlu dianggap tabu apalagi diremehkan karena Islam beda dengan agama-agama lain yang tidak pernah mengajarkan hal-hal mendasar dalam agama mereka.

Islam adalah agama yang sempurna. Islam mengajarkan segala hal secara detail dari hal-hal besar sampai ke hal-hal yang kecil, termasuk dalam urusan ini. Dan kita juga tidak perlu malu dalam mempelajarinya, sebagaimana wanita-wanita Anshor yang dipuji oleh ‘Aisyah رضي الله عنها karena mereka tidak malu untuk bertanya kepada Rasulullah ﷺ dalam urusan agama mereka, walaupun yang ditanya tersebut terkesan tabu untuk ditanyakan.

Air mani wanita warna apa
Air mani wanita itu seperti apa?

Air mani wanita

Sebagai contoh disaat Ummu Sulaim رضي الله عنها bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang mimpi basah pada wanita, apakah bila seorang wanita mengalami mimpi basah harus mandi janabah juga sebagaimana yang berlaku pada pria? Maka Rasulullah ﷺ menjawabnya tanpa merasa malu juga, yaitu apabila si wanita tersebut bangun dari mimpinya lalu melihat adanya air mani yang keluar dari kemalu*nnya, maka wajib baginya untuk mandi janabah. Tapi kalau si wanita tersebut tidak melihat adanya air yang keluar maka tidak wajib baginya untuk mandi janabah.

Pujian ‘Aisyah kepada wanita-wanita Anshor ini terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, dimana ‘Aisyah Ummul Mukminin berkata:

نِعْمَ النِّسَاءُ نِسَاءُ الأَنْصَارِ لَمْ يَمْنَعْهُنَّ الحَيَاءُ أَنْ يَتَفَقَّهْنَ فِي الدِّينِ
Sebaik-baik wanita adalah wanita anshar. Rasa malu tidak menghalangi mereka untuk belajar agama.”
(HR. Bukhari secara muallaq, dan Ibnu Majah secara bersanad dalam Sunannya No. 642).

Pada umumnya orang yang malu bertanya kurang bersemangat untuk mau belajar, sebagaimana kebanyakan orang sombong yang gengsi untuk bertanya karena merasa akan dianggap bodoh oleh orang lain.
Mujahid (murid Ibnu Abbas رضي الله عنه‎ ) berkata:

لاَ يَتَعَلَّمُ العِلْمَ مُسْتَحْيٍ وَلاَ مُسْتَكْبِرٌ
Tidak akan mau belajar, orang pemalu dan orang yang sombong”. 
(HR. Bukhari secara muallaq)

Kalau kita melihat secara umum, tentu pertanyaan dan pembahasan seputar kemalu*n wanita ini tentu terkesan jorok dan fulgar. Namun karena permasalahan yang terjadi ini ada pada diri tiap manusia dan dialami oleh sebagian kaum wanita maka hal seperti ini tidak perlu dimalukan untuk ditanyakan. Termasuk dalam pertanyaan ini, yaitu apakah wanita juga punya air mani?

Air mani wanita itu seperti apa?

Kembali ke pembahasan semula, tentang pertanyaan seputar air mani wanita, apakah wanita juga punya air mani, jawabanya iya punya… sebagaimana jawaban Rasulullah ﷺ kepada Ummu Sulaim رضي الله عنها yang telah diterangkan diatas yang menanyakan apakah wanita yang mimpi basah (keluar maninya) diwajibkan mandi janabah juga. Dan Rasulullah ﷺ mengiyakannya dengan menjawab:

نَعَمْ إِذَا رَأَتِ الْمَاءَ
Ya, apabila si wanita itu melihat adanya air maninya (maka dia wajib mandi).”

Dari jawaban Nabi ﷺ diatas jelaslah bahwa wanita juga memiliki air mani, tapi tentu air mani wanita berbeda dengan air mani laki-laki.  Lalu air mani wanita itu seperti apa kah? Dan bagaimana warnanya?

Air mani wanita warna apa?

Untuk menjawab seperti apa air mani wanita itu dan apa warnanya, mari kita simak penjelasan Rasulullah ﷺ berikut ini:

مَاءَ الرَّجُلِ غَلِيْظٌ أَبْيَضُ وَمَاءُ الْمَرْأَةِ رَقِيْقٌ أَصْفَرُ
Mani laki-laki itu kental dan berwarna putih sedangkan mani wanita itu tipis/halus dan berwarna kuning.” 
(Hadis Shohih; diriwayatkan oleh Muslim, Ahmad, dan yang lainnya)

Dari hadits di atas dapat disimpulkan bahwa air mani laki-laki berbeda bentuknya dengan air mani wanita. Air mani laki-laki berwujud kental sedangkan air mani wanita tidak demikian, lebih encer dan lebih halus. Air mani laki-laki berwarna putih sedangkan air mani wanita berwarna lebih kuning.

Al-Imam An-Nawawi رَحِمَهُ اللهُ menambahkan tentang perkara ini dimana beliau berkata,
“Air mani wanita itu berwarna kuning, agak encer, namun kadangkala warnanya memutih karena kelebihan kekuatannya. Air mani wanita ini bisa dikenali dengan dua hal: pertama, aromanya hampir mirip seperti aroma mani laki-laki dan kedua, keluarnya diiringi dengan kenikmatan dan meredanya syahwat setelah mani tersebut keluar.” (Syarah Shohih Muslim, 3 : 223)

Jadi dapat disimpulkan dalam artikel kali ini bahwa air mani wanita yang keluar melalui farjinya (kemalu*annya) disaat dia mimpi menyebabkan si wanita itu wajib mandi janabah, warnanya lebih kuning dan bersifat encer. Air mani wanita keluar apabila terdapat syahwat padanya dan keluar diiringi dengan kenikmatan sampai mereda setelah keluarnya.

Demikian artikel ini kami tulis, semoga bermanfaat dan diharapkan bisa dishare kepada yang lain agar yang lain juga mengilmuinya.

Artikel Menarik Lainnya (silahkan diklik):
1. Apakah Wanita Bisa Mimpi Basah
2. Mimpi Basah Pada Wanita
3. Dosa Mimpi Basah

Tema:

Air mani wanita

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Punya pertanyaan seputar Islam dan ingin menanyakannya langsung ke ustadz? Silahkan ketik pertanyaannya pada kolom yg disediakan di bawah ini.


Kabar Luar Negeri

[Kabar-Luar-Negeri][threecolumns]

Kabar Dalam Negeri

[Kabar-Dalam-Negeri][list]

Artikel

[Artikel][bleft]

Belajar Islam

[Belajar-Islam][twocolumns]

Kabar Islam

[Kabar-Islam][grids]

Ahlul Kitab

[Ahlul-Kitab][bsummary]