Shalat Berjamaah Di Masjid Tidak Berada Di Shaf Pertama...? Ruuugiii....!

Sebagai seorang muslim, dalam mengerjakan ibadah sholat, dalam upaya mengumpulkan bekal pahala untuk dibawa ke akhirat nanti, hendaklah kita bersegera datang ke masjid agar mendapatkan pahala yang besar yaitu pahala yang terus mengalir bagi orang yang datang ke masjid sejak ia keluar dari rumahnya hingga ia kembali ke rumahnya. Kenapa demikian? Karena para malaikat mendoakan kebaikan untuk orang yang menyegerakan diri untuk datang ke masjid di awal waktu, sampai ia pulang ke rumahnya kembali. Sementara orang yang terlambat datang ke masjid maka ia tidak mendapatkan keutamaan yang besar ini.

Banyak kerugian yang dialami orang yang terlambat datang ke masjid, salah satu diantaranya adalah akan luput darinya keutamaan shaf pertama shalat berjamaah. Padahal, saking penting dan mulianya sholat di shaf yang pertama itu, sampai-sampai bila seandainya untuk mendapatkan shaf pertama itu harus dilakukan dengan cara diundi, maka kita akan tetap mengikutinya dan bersemangat untuk memenangkan undian itu Hadis keutamaan shaf pertama ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh al-Imam al-Bukhari رَحِمَهُ اللهُ dari Abu Hurairah رضي الله عنه‎, beliau berkata: “Sesungguhnya Rasulullah ﷺ bersabda:

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ اْلأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوْا إِلاَّ أَنْ يَسْتَهِمُوْا عَلَيْهِ لاَسْتَهَمُوْا.
“Seandainya orang-orang mengetahui (pahala) yang ada pada adzan dan shaff pertama, lalu mereka tidak akan bisa mendapatkannya kecuali dengan cara diundi, maka tentu mereka akan melakukannya (mengundinya).’” (Muttafaqun ‘alaih - HR. Bukhari, Shahiih Al-Bukhari, dalam “Al-Adzaan” pada bab “Al-Istihaam fil Adzaan” II/97 No. 615 dan dan HR. Muslim, No. 437)

hadis keutamaan shaf pertama shalat berjamaah di masjid
Keutamaan berada di shaf pertama saat shalat berjamaah di masjid

Itulah keutamaan shaf pertama dalam Islam sebagaimana yang digambarkan oleh Nabi kita Muhammad ﷺ kepada kita ummatnya. Sekarang mari kita kaji apa-apa saja keutamaan berada di shaf yang pertama itu.

Keutamaan  Shaf Pertama

Apa keutamaan berada di shaf pertama saat shalat berjamaah di masjid? Mari kita simak beberapa point yang terdapat dalam berbagai hadits tentang keutamaan berada di shaf yang pertama ini, tentunya shaf pertama saat shalat berjama’ah di masjid.

1. Shaf Pertama Adalah Shaf Laki-Laki Terbaik
Bila kita berada di shaf yang pertama disaat sholat berjamaah, maka kita termasuk laki-laki terbaik dibandingkan laki-laki yang berada di shaf yang lain, sebagaimana hadits Nabi ﷺ :

خَيْرُ صُفُوفِ الرِّجَالِ أَوَّلُهَا
"Shaf laki-laki yang terbaik adalah shaf yang pertama."
(Hadits Shahih diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahihnya).

Dari hadits diatas, terlihat jelas bahwa orang-orang yang berada di shaf pertama lebih utama dan merupakan shaf laki-laki terbaik dibandingkan shaf kedua, ketiga dan seterusnya.

2. Shaf Pertama Dido’akan Allah سبحانه وتعالي dan Para Malaikat-Nya
Selain itu, orang yang tidak berada di shaf yang pertama maka akan luput darinya untuk mendapatkan doa Allah سبحانه وتعالي dan do’a para malaikat-Nya. Kenapa? sebab Allah سبحانه وتعالي  dan para malaikat-Nya itu mendoakan kebaikan bagi orang-orang yang berada di shaf yang pertama. Keutamaan shaf pertama ini sebagaimana sabda Nabi ﷺ  :

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الصَّفِ اْلأَوَّلِ.

"Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bershalawat yaitu mendoakan kebaikan bagi mereka yang berada di shaf yang pertama."
(hadits ini dihasankan oleh Syeikh Albani  di dalam "Shahih At-Targhib wa At-Tarhib" Hasanun lighoirihi).

Lihat…! Betapa nikmatnya bila kita berada di shaf pertama. Allah سبحانه وتعالي dan para malaikat-Nya akan mendo’akan kebaikan untuk diri kita… MasyaaAlloh…..

3. Shaf Pertama Mendapat Istighfar Dari Rasulullah ﷺ.
Selain doa para malaikat, keutamaan shaf pertama lainnya bagi orang yang berada di shaf terdepan akan mendapatkan istighfar dari Rasulullah ﷺ, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits dari Irbad bin Sariyah رضي الله عنه,

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، أَنْبَأَنَا هِشَامٌ الدَّسْتَوَائِيُّ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ عِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ كَانَ يَسْتَغْفِرُ لِلصَّفِّ الْمُقَدَّمِ ثَلاَثًا وَلِلثَّانِي مَرَّةً ‏.‏

"Bahwa Nabi ﷺ memohonkan ampunan untuk orang yang berada di shaf yang pertama tiga kali dan bagi orang yang berada di shaf yang kedua satu kali"
(Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Syeikh Albani di dalam "Shohihu Targhib Wattarhib")

“It was narrated from ‘Irbad bin Sariyah that the Messenger of Allah (ﷺ) used to ask for forgiveness for the first row three times and for the second row twice.”

Demikianlah beberapa keutamaan shaf pertama kami terangkan pada artikel ini. Semoga kita bisa mengambil faedah darinya dan lebih bersemangat lagi mendatangi masjid di awal waktu saat mendengar adzan dikumandangkan, agar kita bisa berada di shaf pertama saat shalat berjamaah di masjid.


Tema: Keutamaan Shaf Pertama
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Punya pertanyaan seputar Islam dan ingin menanyakannya langsung ke ustadz? Silahkan ketik pertanyaannya pada kolom yg disediakan di bawah ini.


Kabar Luar Negeri

[Kabar-Luar-Negeri][threecolumns]

Kabar Dalam Negeri

[Kabar-Dalam-Negeri][list]

Artikel

[Artikel][bleft]

Belajar Islam

[Belajar-Islam][twocolumns]

Kabar Islam

[Kabar-Islam][grids]

Ahlul Kitab

[Ahlul-Kitab][bsummary]