Polisi Indonesia Dilarang Berjenggot? Malu Lah Dengan Polisi Kerajaan Inggris

Baru-baru ini Polres Tegal mengadakan apel internal yang mereka katakan apel kerapihan dan kedisplinan. Sang Kapolres Tegal AKBP Tommy Wibisono menegur anggotanya yang kedapatan memelihara jenggot dan segera menginstruksikan seluruh anggotanya yang memiliki jenggot untuk mencukurnya saat itu juga. Peristiwa ini ditayangkandi Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (1/4/2015), dimana terlihat satu persatu anggota pun diperiksa Provost. Dalam razia ini, sejumlah anggota mendapat teguran karena memelihara jenggotnya.
Menurut sang Kapolres, razia itu dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan dan penampilan anggota kepolisian.

Apa yang dilakukan Kapolres tegal ini adalah tanda bahwa peraturan di tubuh lembaga kepolisian kita belum menghalalkan anggotanya untuk memelihara jenggot. Padahal kita tahu, bahwa dalam Islam seorang pria dewasa, haram hukumnya mencukur jenggot dan Rasulullah Shalallahu'alaihi wasallam justru memerintahkan kaum pria untuk memelihara jenggotnya. Hal ini sebagaimana riwayat dari Ibnu Umar Radhiallahu ‘Anhuma, dimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:


أَمَرَ بِإِحْفَاءِ الشَّوَارِبِ وَإِعْفَاءِ اللِّحَى
“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi waSallam memerintahkan untuk mencukur kumis dan memelihara jenggot.”
(HR. Muslim No. 259, At Tirmidzi No. 2764, Abu Daud No. 4199, Ibnu Hibban No. 5475, Ibnu Abdil Bar, At-Tamhid, 24/143)

hukum mencukur jenggot

Namun apa yang dialami anggota kepolisian di negeri kita tercinta yang mayoritas muslim ini justru tidak terjadi di negara Inggris sana dimana anggota kepolisian mereka yang muslim bebas memelihara jenggotnya. Sebagaimana yang disampaikan seorang anggota polisi Inggris (British Police Officer) dalam video berikut ini. Dia adalah seorang muslim dan dia bebas memelihara jenggotnya. Berikut tayangannya:





Dari apa yang telah disampaikan pada kasus di atas, sudah jelas bagi kita umat Islam bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan ummatnya untuk memelihara jenggot. Bila kita mencintai Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka tentu kita mencintai apa yang dilakukan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, karena beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sendiri juga memelihara jenggotnya. Hal ini bisa diketahui dari kabar yang disampaikan oleh salah seorang sahabat Jabir bin Samurah Radhiallahu ‘Anhu, dimana ia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ شَمِطَ مُقَدَّمُ رَأْسِهِ وَلِحْيَتِهِ وَكَانَ إِذَا ادَّهَنَ لَمْ يَتَبَيَّنْ وَإِذَا شَعِثَ رَأْسُهُ تَبَيَّنَ وَكَانَ كَثِيرَ شَعْرِ اللِّحْيَةِ
“Bahwa Rasulullah telah beruban di bagian depan (rambut) kepalanya dan jenggotnya. Apabila beliau menggunakan minyak rambut, maka putih ubannya tidak jelas. Apabila rambut beliau kusut maka putihnya akan nampak, dan beliau adalah orang yang berjenggot lebat.” 
(HR. Muslim No. 2344)

Sekarang apakah Anda termasuk orang yang benar-benar mencintai Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam? Atau termasuk orang-orang yang pura-pura mencintai Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan hanya sekedar manis di bibir saja dengan mendendangkan lagu: aku cinta rasul....aku cinta rasul.... tapi apa yang ada pada dirinya jauh dari apa yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Punya pertanyaan seputar Islam dan ingin menanyakannya langsung ke ustadz? Silahkan ketik pertanyaannya pada kolom yg disediakan di bawah ini.


Kabar Luar Negeri

[Kabar-Luar-Negeri][threecolumns]

Kabar Dalam Negeri

[Kabar-Dalam-Negeri][list]

Artikel

[Artikel][bleft]

Belajar Islam

[Belajar-Islam][twocolumns]

Kabar Islam

[Kabar-Islam][grids]

Ahlul Kitab

[Ahlul-Kitab][bsummary]