๐Ÿ’ฅCara Mudah Tanpa Ribet Agar Terbebas Dari Azab Kubur, Cukup Lakukan Ini...!!!

azab kubur




Alam kubur merupakan alam perantara antara alam dunia dan alam akhirat. Disaat seorang manusia telah meninggal dunia, maka dia akan berpindah ke alam penantian yang biasa disebut alam barzah atau alam kubur. Nah, di alam kubur ini ada dua pilihan yang akan diterimanya, yakni apakah azab ataukah nikmat. Kalau dia sewaktu di dunia melakukan amalan sholeh, maka kenikmatan di alam kubur akan diterimanya. Sebaliknya kalau seseorang banyak berbuat dosa, maka tentu azab kubur lah yang akan diterimanya. Jadi, azab kubur bisa dibilang adalah "azab pendahuluan" bagi siapa saja yang berbuat dosa semasa hidupnya di dunia, sebelum masuk ke azab yang lebih dahsyat lagi di akhirat nanti, yakni azab di api neraka. 


Pada artikel ini, kami akan bahas seputar azab kubur ini dan cara agar terbebas dari siksaannya. Pembahasan yang akan kami kupas secara lebih lengkap dan rinci  yang kami sertai dengan dalil-dalil yang rojih dari hadits Nabi ๏ทบ. Amalan apakah itu yang bisa menghalangi para pengamalnya dari azab kubur? yakni dengan merutinkan membaca surat Al-Mulk.


Surah Al-Mulk adalah surat ke 67 dari Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat. Surah Al-Mulk ini juga disebut surah Tabaarok karena pada ayat pertamanya dimulai dengan kata “tabaarok”. Dinamakan Al-Mulk yang berarti "Kerajaan" yang diambil dari kata Al-Mulk, yang terdapat pada ayat pertama surah ini, yakni tabaarokallazi biyadihil mulk. Surah yang terdapat pada juz 29 ini adalah surah Makkiyah, atau surah yang diturunkan kepada Rasululloh SAW sewaktu beliau berada di Makkah.


Lalu, apa saja dalil yang menyatakan bahwa surah Al-Mulk ini bisa menjadi penghalang bagi para pembacanya dari azab kubur? Dalilnya yakni dari jalan Ibnu Abbas radhiallohu’anhu sebagai berikut:


๐Ÿ“Œ Dalil Hadits 1:


ุนู† ุงุจู† ุนุจุงุณ، ูู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…

 "ู‡ูŠ ุงู„ู…ุงู†ุนุฉ ู‡ูŠ ุงู„ู…ู†ุฌูŠุฉ ุชู†ุฌูŠู‡ ู…ู† ุนุฐุงุจ ุงู„ู‚ุจุฑ"

ู‚ุงู„ ุฃุจูˆ ุนูŠุณู‰ ู‡ุฐุง ุญุฏูŠุซ ุญุณู† ุบุฑูŠุจ ู…ู† ู‡ุฐุง ุงู„ูˆุฌู‡.

 ูˆููŠ ุงู„ุจุงุจ ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ


๐Ÿ’ Dari Ibnu Abbas rodhiallohu’anhu, telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Dia (surat Al-Mulk) adalah penghalang, dia adalah penyelamat yang menyelamatkannya dari siksa kubur.”

Abu Isa (At Tirmidzi) berkata; hadits ini hasan gharib dari jalur ini. Dan dalam bab ini, ada hadits dari Abu Hurairah. 


๐Ÿ“š (HR. Tirmidzi no. 2890 dan Al-Hakim 2/498, dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shohihul Jaami’ no. 3643, Al-Silsilah As-Shohihah  no. 1140)


Kapan waktu yang dianjurkan membaca surat Al-Mulk ini? 

Sesuai hadits yang disampaikan oleh Rasululloh SAW, waktu yang rojih dalam membaca surat Al-Mulk ini adalah di malam hari sebelum tidur, sebagaimana hadits yang datang dari salah seorang sahabat Nabi SAW yang bernama Jabir radiallohuanhu. 


๐Ÿ“Œ Dalil Hadits 2:


ุนู† ุฌุงุจุฑ ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…

 ูƒุงู† ู„ุง ูŠู†ุงู… ุญุชู‰ ูŠู‚ุฑุฃ (ุฃู„ู… ุชู†ุฒูŠู„) ุงู„ุณุฌุฏุฉ ูˆ (ุชุจุงุฑูƒ ุงู„ุฐูŠ ุจูŠุฏู‡ ุงู„ู…ู„ูƒ)

ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ (2892) ูˆุบูŠุฑู‡ ، ูˆุตุญุญู‡ ุงู„ุดูŠุฎ ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡


๐Ÿ’ Dari Jabir rodhiallohu’anhu mengkhabarkan bahwa, Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidur hingga beliau membaca Alif laam miim tanzil (surat As-Sajadah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (surat Al Mulk).”


๐Ÿ“š (HR. Tirmidzi No. 2892 dan selainnya, dishohihkan oleh Al-Albani rahimahulloh dalam “Silsilah Ash-Shohihah” no. 585)


Hadits diatas sangat jelas menerangkan kepada kita bahwa Rosululloh ๏ทบ tidak tidur sebelum membaca surat Al-Mulk ini. Dari hadits ini juga kita mendapat tambahan ilmu yaitu bahwa selain membaca surat Al-Mulk sebelum tidur, Rosululloh ๏ทบ juga membaca surat As-sajadah. Tentu ini baik kita amalkan juga.


Apakah membaca surat Al-Mulk ini setiap malam, atau pada malam-malam tertentu saja? 

Jawabnya dianjurkan dibaca setiap malam dan tidak ada dalil yang menyatakan untuk dibaca pada malam-malam tertentu saja, seperti setiap malam jum’at kah, malam senin atau malam yang lainnya.

Dalilnya dari jalan sahabat Ibnu Mas’ud radhiallohu’anhu sebagai berikut:


๐Ÿ“Œ Dalil Hadits 3:


ุนู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ู…ุณุนูˆุฏ ู‚ุงู„:

 ู…ู† ู‚ุฑุฃ { ุชุจุงุฑูƒ ุงู„ุฐูŠ ุจูŠุฏู‡ ุงู„ู…ู„ูƒ } ูƒู„ ู„ูŠู„ุฉ ู…ู†ุนู‡ ุงู„ู„ู‡ ุจู‡ุง ู…ู† ุนุฐุงุจ ุงู„ู‚ุจุฑ،

 ูˆูƒู†ุง ููŠ ุนู‡ุฏ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู†ุณู…ูŠู‡ุง ุงู„ู…ุงู†ุนุฉ،

 ูˆุฅู†ู‡ุง ููŠ ูƒุชุงุจ ุงู„ู„ู‡ ุณูˆุฑุฉ ู…ู† ู‚ุฑุฃ ุจู‡ุง ููŠ ูƒู„ ู„ูŠู„ุฉ ูู‚ุฏ ุฃูƒุซุฑ ูˆุฃุทุงุจ

[ุฑูˆุงู‡ ุงู„ู†ّุณุงุฆูŠ-ูˆุงู„ู„ّูุธ ู„ู‡، ูˆุงู„ุญุงูƒู…، ูˆู‚ุงู„: " ุตุญูŠุญ ุงู„ุฅุณู†ุงุฏ "].


๐Ÿ’ Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulku” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami (para sahabat) di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “Al-Maani’ah” (si penghalang dari siksa kubur).  Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” 


๐Ÿ“š (HR. An-Nasai dalam “Sunan Al-Kubro” no. 10547 dan Al-Hakim. Hadits ini dishohihkan oleh Hakim dan Adz-Dzahabiy dan dihasankan oleh Al-Albany dalam Shahih At Targhib No. 1589)


๐Ÿ“Œ Dalil Hadits 4:


ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„

 "ุฅู† ุณูˆุฑุฉ ู…ู† ุงู„ู‚ุฑุขู† ุซู„ุงุซูˆู† ุขูŠุฉ ุดูุนุช ู„ุฑุฌู„ ุญุชู‰ ุบูุฑ ู„ู‡

 ูˆู‡ูŠ ุณูˆุฑุฉ ุชุจุงุฑูƒ ุงู„ุฐูŠ ุจูŠุฏู‡ ุงู„ู…ู„ูƒ"

 ู‡ุฐุง ุญุฏูŠุซ ุญุณู†


๐Ÿ’ Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada suatu surat dari al qur’an yang terdiri dari tiga puluh ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu: “Tabaarakalladzii biyadihil mulku… (surat Al Mulk)”. Hadits ini Hasan.


๐Ÿ“š (HR. Tirmidzi no. 2891, Abu Daud no. 1400, Ibnu Majah no. 3786, dan Ahmad 2/299 dan Al-Hakim no. 2075 dan 3838, imam Al-Hakim menshohihkan hadits ini dan disepakati oleh imam Adz-Dzahabi, serta dihasankan oleh imam At-Tirmidzi dan syaikh Al-Albani, sedangkan imam Ibnu Taimiyah dalam “Majmu Al-Fatawa” 22/277 menshohihkan hadits ini).


Nah, demikian pembasan seputar cara terbebas dari azab kubur. Semoga bermanfaat. 

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Punya pertanyaan seputar Islam dan ingin menanyakannya langsung ke ustadz? Silahkan ketik pertanyaannya pada kolom yg disediakan di bawah ini.


Kabar Luar Negeri

[Kabar-Luar-Negeri][threecolumns]

Kabar Dalam Negeri

[Kabar-Dalam-Negeri][list]

Artikel

[Artikel][bleft]

Belajar Islam

[Belajar-Islam][twocolumns]

Kabar Islam

[Kabar-Islam][grids]

Ahlul Kitab

[Ahlul-Kitab][bsummary]