Ayo Takbiratul Ihram Bersama Imam dan Dapatkan Bonus Ini…!

Dalam melaksanakan ibadah shalat lima waktu, tak jarang rasa malas muncul saat kondisi iman sedang lemah. Akibatnya pergi ke masjid kalau sudah terdengar iqomah, sehingga terlambat sampai di masjid atau imam sudah raka’at ke dua bahkan terkadang sudah mau salam. Tentu ini tidak baik. Apalagi bila ini dilakukan terus-menerus, bisa merusak ibadah kita kepada Allah سبحانه وتعالي selaku seorang muslim.

Sebenarnya bila kita suka terlambat datang ke masjid, yang rugi kita juga. Kenapa? tentu banyak keutamaan shalat berjamaah yang gagal kita dapatkan. Salah satunya adalah terluput dari takbiratul ihram bersama Imam.

Takbiratul Ihram Bersama Imam

Keutamaan takbiratul ihram bersama imam luar biasa sekali. Salah satunya adalah terbebas dari siksa api neraka…!!! Selain itu dapat bonus dibebaskan dari kemunafikan….!!! MasyaAlloh….betapa besar ganjaran pahala takbiratul ihram bersama imam ini.

Bagaimana caranya? sangat simple dan sederhana kok… yang dibutuhkan hanya tekad kuat dan semangat empat lima. Tidak butuh biaya alias gratis, cukup modal dengkul untuk melangkahkan kaki ke masjid dan bersabar atasnya, lalu setelah itu imbalannya insyaAllah antum dapatkan… yakni terbebas dari siksa api neraka…ditambah bonus dibebaskan dari kemunafikan.

Mau tidak…? Siapa sih yang tidak mau…. Nah… kalau mau, ini nih caranya…. Silahkan simak sabda Rasulullah ﷺ berikut yang menerangkan caranya, melalui hadits dari jalan Anas bin Malik رضي الله عنه, dimana Rasulullah ﷺ bersabda,

مَنْ صَلَّى لِلَّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا فِى جَمَاعَةٍ يُدْرِكُ التَّكْبِيرَةَ الأُولَى كُتِبَتْ لَهُ بَرَاءَتَانِ بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ وَبَرَاءَةٌ مِنَ النِّفَاقِ

"Siapa yang shalat karena Allah empat puluh hari secara berjamaah dalam keadaan ia mendapati takbir yang pertama yaitu takbir bersama Imam, maka ia dibebaskan dari dua hal yaitu dibebaskan dari api neraka dan dibebaskan dari kemunafikan."
(HR. Tirmidzi رَحِمَهُ اللهُ, No. 241. Syaikh Al-Albani رَحِمَهُ اللهُ menyatakan bahwa hadits ini hasan dalam “Silsilah Al-Ahadits Ash-Shohihah”, No. 2652. Syaikh Albani juga mengatakan di dalam shohih sunan "Shohihu targhib wattarhib": hasanun lighoirih).

Keutamaan dan kelebihan pahala takbiratul ihram bersama imam shalat berjamaah di masjid
Hukum dan Kelebihan Takbir Bersama Imam

Keutamaan Takbiratul Ihram Bersama Imam

Bukan kita saja yang bersemangat mengamalkan hadits ini, para Salafus Sholeh (ulama-ulama terdahulu) juga sangat antusias untuk memperoleh ganjaran pahala takbiratul ihram bersama imam ini. Siapa sih yang ngga tertarik, cuma 40 hari saja berusaha untuk datang ke masjid di awal waktu agar bisa takbiratul ihram bersama imam, maka stempel terbebas dari api neraka sudah didapat insyaAlloh.

Gimana, apakah antum siap? Atau masih merasa berat melaksanakannya….? Kalau antum masih ragu dan berat, antum cemen… kalah sama orang tua ini… yakni yang bernama A’mash, seperti riwayat salah seorang diantara salaf (ulama terdahulu): "Adalah A'mash‎, hampir 70 tahun tidak pernah terluput dari beliau takbiratul ihram takbir yang pertama."

Dan juga diriwayatkan dari Ibnu Samaa'ah bahwasanya ia berkata: "Aku tidak pernah terluput dari takbiratul ihram yang pertama sejak 40 tahun yang lalu kecuali pada hari Ibuku meninggal dunia."

Kelebihan Takbir Bersama Imam

Saking pentingnya shalat bersama imam di takbir yang pertama ini, banyak para ulama salaf yang menganggap jelek perbuatan orang-orang yang suka meninggalkan takbir yang pertama bersama imam ini.

Waqi' Ibnul Jarroh Arruasy رَحِمَهُ اللهُ mengatakan: "kami dahulu mengetahui apabila kami melihat seseorang itu mengabaikan dan melalaikan takbir yang pertama bersama Imam maka kami tahu bahwa ia seseorang yang tidak mendapatkan keberuntungan.

Dan juga athsar yang lainnya adalah athsar yang diriwayatkan sebagian salaf rahimahullah Ta'ala dimana mereka berkata: "Apabila engkau melihat seorang laki-laki mengabaikan atau melalaikan takbir yang pertama bersama Imam, maka cucilah tanganmu darinya."
Maksud “cucilah tanganmu darinya” ini menunjukkan bahwa ia adalah seorang yang jelek.

Dan masih banyak lagi para ulama terdahulu menukilkan perkara kelebihan takbiratul ihram bersama imam ini. Sampai kepada ulama di zaman kita sekarang ini, mereka juga bersemangat untuk mendapatkan keutamaan takbir bersama imam, seperti dari syaikh Sulaiman Ar-Ruhaily rahimahullah. Beliau menyatakan bahwa "seorang laki-laki yang telah mukallaf baliq berakal, maka ia wajib mendapati Takbir bersama Imam dan ia tidak boleh terlambat dalam Takbiratul Ihram kecuali apabila ada uzur yang syar'i.yang dialaminya"

Oleh sebab itu, melalui artikel ini, penulis mengajak kita semua untuk bersungguh-sungguh dalam mengerjakan shalat berjamaah di masjid dan ikut shalat berjamaah bersama imam pada takbir yang pertama. Sesungguhnya bila kita memperhatikan keadaan masyarakat muslim kita di zaman ini, maka kita akan lihat mayoritas masyarakat muslim kita terlambat datang ke masjid dan sedikit sekali yang bersegera datang ke masjid.

Oleh karena itu, marilah kita bertakwalah kepada Allah سبحانه وتعالي dan hendaklah kita instrospeksi diri kita. Sebab sesungguhnya upaya untuk datang ke masjid kemudian mengikuti shalat berjamaah itu tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya sebentar saja. Beberapa belas menit saja, namun pahalanya dan keutamaannya sangatlah besar. Apalagi bila kita tahu hukum takbiratul ihram bersama imam, sehingga kita pun berusaha untuk memperjuangkannya; dapat shalat berjamaah di masjid pada awal waktu, berada di shaf yang pertama dan ikut takbiratul ihram bersama imam pada takbir yang pertama.

والله أعلمُ بالـصـواب

Tema: Takbiratul ihram bersama imam
Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Punya pertanyaan seputar Islam dan ingin menanyakannya langsung ke ustadz? Silahkan ketik pertanyaannya pada kolom yg disediakan di bawah ini.


Kabar Luar Negeri

[Kabar-Luar-Negeri][threecolumns]

Kabar Dalam Negeri

[Kabar-Dalam-Negeri][list]

Artikel

[Artikel][bleft]

Belajar Islam

[Belajar-Islam][twocolumns]

Kabar Islam

[Kabar-Islam][grids]

Ahlul Kitab

[Ahlul-Kitab][bsummary]