Dituduh Dikorupsi, Dana Bantuan USAID Untuk Suriah Dihentikan Amerika

IndexArticles.com – Amerika Serikat menuduh dana bantuan USAID yang mereka salurkan untuk membantu penduduk Suriah telah diselewengkan oleh LSM yang dikontrol pemerintah Suriah. Akibatnya, mereka terpaksa menghentikan penyaluran bantuan ini untuk rakyat Suriah. Dalam program bantuan tersebut, memang tidak disebutkan secara rinci, LSM mana saja yang telah menyelewengkannya. Tapi data yang dirilis, diketahui bahwa LSM yang beroperasi di Suriah berjumlah sekitar 14 lembaga.

bantuan suriah

Cara mereka menyelewengkan dana tersebut cukup unik. Mereka membeli barang-barang kebutuhan yang diperlukan untuk disalurkan ke Suriah dengan harga murah, tapi di atas kertas disebut dengan harga mahal. Akibatnya, bantuan yang seharusnya masuk dan diterima oleh penduduk Suriah jadi berkurang dari semestinya yang mereka terima. Tercatat sepanjang tahun 2015 lalu, dana yang telah disalurkan berjumlah 397 juta dollar AS atau sekitar Rp. 5,2 trilyun.

Ada indikasi, pemerintah Suriah ikut campur dalam penyaluran bantuan ini sehingga bantuan ini dikorupsi. Sebagaimana yang terjadi saat ini, pemerintah Suriah dibawah kendali Bashar Asad yang seorang Syiah berusaha untuk menolak bantuan yang masuk ke negaranya, walaupun bantuan yang disalurkan tersebut untuk rakyatnya sendiri yang mayoritas beragama Islam. Sedangkan bantuan untuk penduduk Syiah Nusairiyah yang menguasai pemerintahan dan kebanyakan berada di ibu kota Damaskus, mereka salurkan dengan lancar.

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Punya pertanyaan seputar Islam dan ingin menanyakannya langsung ke ustadz? Silahkan ketik pertanyaannya pada kolom yg disediakan di bawah ini.


Kabar Luar Negeri

[Kabar-Luar-Negeri][threecolumns]

Kabar Dalam Negeri

[Kabar-Dalam-Negeri][list]

Artikel

[Artikel][bleft]

Belajar Islam

[Belajar-Islam][twocolumns]

Kabar Islam

[Kabar-Islam][grids]

Ahlul Kitab

[Ahlul-Kitab][bsummary]