Apa Yang Kita Lakukan Bila Lupa Membaca Bismillah Sebelum Makan?

Alhamdulillah kita sudah tahu bahwa sebelum kita makan dan minum, kita disunnahkan untuk mengucapkan kalimat Tasmiyah yakni "bismillah". Bukan kalimat Basmallah (bismillaahir rohmaanir rohiim). Namun bagaimana kalau kita lupa membacanya, sementara nasi sudah sesuap dua suap kita makan?

1. Diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi dari jalan Ummu Kultsum dari ‘Aisyah, marfu’ (sebagai sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam):

إِذَا أَكَلَ أَحَدكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّه ، فَإِنْ نَسِيَ فِي أَوَّله فَلْيَقُلْ : بِسْمِ اللَّه فِي أَوَّله وَآخِره
Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia ucapkan “Bismillah”. Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaklah ia mengucapkan: Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.
Hadits ini memiliki penguat dari hadits Umayyah bin Makhsyi yang dikeluarkan oleh Abu Daud dan An-Nasa'i. [Fathul Bari, Ibnu Hajar Al Asqolani, 9/521, Darul Ma’rifah, Beirut, 1379]

doa bila lupa baca bismillah

2. Dari ‘Aisyah radhiyallahu 'anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ
Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.
(HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858. At Tirmidzi mengatakan hadits tersebut hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih)

Jadi sudah jelas kan apa yang kita ucapkan bila kita lupa membaca bismilah saat makan? yaitu bukan lagi mengucapkan "bismillah", tapi mengucapkan kalimat:

بِسْمِ اللَّه فِي أَوَّله وَآخِره
(Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi)

atau

بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ
(Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu)


Baca juga:
1. Dho'ifnya Doa Sebelum Makan "Allahumma Baarik Lanaa..."
2. Inilah Do'a Sebelum Makan Yang Benar


Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Punya pertanyaan seputar Islam dan ingin menanyakannya langsung ke ustadz? Silahkan ketik pertanyaannya pada kolom yg disediakan di bawah ini.


Kabar Luar Negeri

[Kabar-Luar-Negeri][threecolumns]

Kabar Dalam Negeri

[Kabar-Dalam-Negeri][list]

Artikel

[Artikel][bleft]

Belajar Islam

[Belajar-Islam][twocolumns]

Kabar Islam

[Kabar-Islam][grids]

Ahlul Kitab

[Ahlul-Kitab][bsummary]