Lihat Reaksi Warga Kulit Hitam Ini Saat Seorang Pria Kulit Putih Mendengarkan Bacaan Al-Qur'an

Seorang laki-laki muslim kulit putih yang berasal dari dataran Eropa di wilayah Turki sedang berkunjung ke benua Afrika, tepatnya di kota Miradi, Nigeria. Disana sore itu dia sengaja berkeliling kota dengan sepeda motor yang disewanya untuk melihat keadaan masyarakat kota Miradi lebih dekat lagi. Setelah cukup lama berkeliling, akhirnya sampailah dia ke sebuah pemukiman penduduk di pinggiran kota tersebut. Saat melewati sebuah jalan kecil, dia mendengar lantunan ayat suci Al-Qur'an yang dibacakan oleh salah seorang warga yang sedang berkumpul di teras salah satu rumah yang berada di pinggir jalan itu. Laki-laki muslim kulit putih ini pun menghentikan sepeda motornya dan memarkirnya di seberang jalan. Dia berjalan mendekati orang yang sedang melantunkan ayat suci Al-qur'an itu dan ikut duduk mendengarkan bersama beberapa warga yang lain.
Warga kota yang sedang berkumpul itu tidak tahu kalau laki-laki kulit putih ini adalah seorang muslim. Malah mereka menyangka bahwa laki-laki kulit putih ini adalah seorang misionaris kristen yang sedang mencari mangsanya sebagaimana yang sering terjadi di wilayah itu. Namun apa yang terjadi saat ayat suci Al-Qur'an itu dibacakan? Suatu yang membuat air mata Anda akan berkaca-kaca terharu. Silahkan saksikan tayangan selengkapnya pada video di bawah artikel ini.


laki-laki muslim

Laki-Laki Muslim Bersaudara

Apa yang dilakukan warga muslim kulit hitam yang sedang membacakan ayat Al-Qur'an di atas kepada laki-laki muslim kulit putih dalam video ini menunjukkan bahwa sesama muslim itu adalah bersaudara karena mereka disatukan oleh iman. Hal ini digariskan secara tegas dalam Al-Qur'an dalam surat Al-Hujarat ayat 10 yang berbunyi:

قَالَ تَعَالَى : { إِنَّمَا المُؤْمِنُونَ إخْوَةٌ } [ الحجرات : 10
Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara.” 
(QS. Al Hujurat: 10).

Selain itu, Rasulullah Shalallahu'alahi wasallam juga menegaskan begitu eratnya ikatan persaudaraan antara sesama muslim, sampai-sampai Beliau Shalallahu'alahi wasallam menyatakan bahwa tidak akan sempurna iman seorang muslim sampai dia mencintai saudara seimannya yang lain seperti dia mencintai dirinya sendiri. Hadits ini dikhabarkan langsung oleh salah seorang sahabat Rasulullah Shalallahu'alahi wasallam yakni Anas radhiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim rahimahullah sebagai berikut: 

 عن أنس – رضي الله عنه – ، عن النَّبيّ – صلى الله عليه وسلم – ، قَالَ : ( لا يُؤمِنُ أحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيهِ مَا يُحبُّ لِنَفْسِهِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيهِ
Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Tidaklah sempurna iman seseorang di antara kalian sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.”  
(Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari No. 13 dan Muslim No. 45).

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Punya pertanyaan seputar Islam dan ingin menanyakannya langsung ke ustadz? Silahkan ketik pertanyaannya pada kolom yg disediakan di bawah ini.


Kabar Luar Negeri

[Kabar-Luar-Negeri][threecolumns]

Kabar Dalam Negeri

[Kabar-Dalam-Negeri][list]

Artikel

[Artikel][bleft]

Belajar Islam

[Belajar-Islam][twocolumns]

Kabar Islam

[Kabar-Islam][grids]

Ahlul Kitab

[Ahlul-Kitab][bsummary]