Umat Kristen Seharusnya Beribadah Seperti Ini Sesuai Yang Diajarkan Yesus.

Telah kita ketahui bersama bahwa ibadah kristen atau cara beribadah umat kristen adalah dengan menyanyikan lagu-lagu pujian kepada Allah yang mereka karang sendiri dengan diiringi alat musik seperti piano atau orgen dan sejenisnya. Ada lagu pujian yang mereka dendangkan dengan ritme mars, seriosa dan bahkan di khusus umat kristen keturunan Afrika yang tinggal di Amerika, mereka mendendangkan lagu pujian tersebut dengan ritme hip hop atau rap. Mereka menyanyikan lagu-lagu pujian tersebut di gereja atau di rumah yang mereka jadikan tempat ibadah.

Namun bila kita perhatikan, tidak satupun dari mereka melakukan prosesi ibadah kristen sesuai apa yang tertulis di kitab suci mereka. Bila kita perhatikan, sangat banyak ayat di dalam Injil yang mengkhabarkan bagaimana Yesus melakukan ibadah. Disana cara ibadah kristen tertulis jelas bahwa Yesus menyembah Tuhannya dengan cara berlutut ke tanah dan bersujud ke tanah. Sama seperti cara kita umat Islam dalam melakukan gerakan shalat. Malah Yesus tidak ada memerintahkan beribadah dengan cara bernyanyi. Yang ada hanya "berlutut ke tanah dan meletakkan mukanya ke tanah". Bahkan perintah melakukan wudhu, tertulis jelas di dalam Injil. Sebagai buktinya, di bawah artikel ini nanti akan kami lampirkan beberapa ayat di dalam Injil yang menerangkan hal tersebut.

ibadah kristen

Sekarang bagi kita umat Islam, hal ini makin menguatkan iman kita dan keyakinan kita bahwa apa yang diturunkan Allah Subhanahuwata'ala kepada seluruh para Nabi adalah satu yakni Islam. Dan itu diucapkan sendiri oleh Rasulullah Shalallahu'alahi wasallam di dalam hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu bahwa agama seluruh para Nabi itu adalah satu, yakni Islam.

أَنَا أَوْلَى النَّاسِ بِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ ، وَالأَنْبِيَاءُ إِخْوَةٌ لِعَلاَّتٍ ، أُمَّهَاتُهُمْ شَتَّى ، وَدِينُهُمْ وَاحِدٌ
Aku adalah orang yang paling dekat dan paling mencintai Isa bin Maryam di dunia maupun di akhirat. Para nabi itu adalah saudara seayah walau ibu mereka berlainan, dan agama mereka adalah satu.”
(HR. Bukhari no. 3443 dan Muslim no. 2365)

Berikut lampiran surat dan ayat di dalam Injil perihal ibadah kristen atau cara beribadah yang dilakukan Yesus sebenarnya:

A. Ibadah Kristen Berlutut dan Bersujud

1. Matius / Matthew 26:39)
"And he (Jesus) went a little farther, and FELL ON HIS FACE, and prayed, saying, O my Father, if it be possible, let this cup pass from me: nevertheless not as I will, but as thou wilt." - New Testament (Matthew 26:39)

"Kemudian Yesus pergi lebih jauh sedikit, lalu Ia TERSUNGKUR KE TANAH dan berdoa. "Bapa," kata-Nya, "kalau boleh, jauhkanlah daripada-Ku penderitaan yang Aku harus alami ini. Tetapi jangan menurut kemauan-Ku, melainkan menurut kemauan Bapa saja." (Matius 26:39)

2. Kejadian / Genesis 17:3
"And Abram FELL ON HIS FACE: and God talked with him, saying," - Old Testament (Tanakh)  (Genesis 17:3)

Lalu Abram SUJUD DENGAN WAJAHNYA, dan Allah berfirman kepadanya: (Kejadian 17:3)

3. Keluaran / Exodus 34:8
"And Moses made HASTE, and bowed HIS HEAD toward the earth, and worshipped." - Old Testament(Tanakh) (Exodus 34:8)

"Segeralah Musa BERLUTUT ke tanah, lalu SUJUD menyembah" (Keluaran 34:8)

4. Bilangan / Numbers 20:6
"And Moses and Aaron went from the presence of the assembly unto the door of the tabernacle of the congregation, and they FELL UPON THEIR FACES: and the glory of the LORD appeared unto them." - Old Testament (Tanakh) (Numbers 20:6)

Maka pergilah Musa dan Harun dari umat itu ke pintu Kemah Pertemuan, lalu MEREKA SUJUD. Kemudian tampaklah kemuliaan TUHAN kepada mereka. (Bilangan 20:6)

5. Bilangan / Number 16:20-22
"And the LORD spake unto Moses and unto Aaron, saying, Separate yourselves from among this congregation, that I may consume them in a moment. And they FELL UPON THEIR FACES, and said, O God, the God of the spirits of all flesh, shall one man sin, and wilt thou be wroth with all the congregation?" - Old Testament (Tanakh)  (Numbers 16:20-22)

Lalu TUHAN berkata kepada Musa dan Harun, "Mundurlah dari orang-orang itu; Aku mau membinasakan mereka sekarang juga." Tetapi Musa dan Harun SUJUD MENYEMBAH dan berkata, "Ya Allah, Engkaulah yang memberi kehidupan kepada segala yang hidup. Kalau hanya seorang saja yang berdosa, apakah Engkau marah kepada seluruh umat?" (Bilangan 16:20-22)

6. Yosua / Joshua 5:14
"And he said, Nay; but as captain of the host of the LORD am I now come. And Joshua FELL ON HIS FACE TO EARTH, and did worship, and said unto him, What saith my Lord unto his servant?" - Old Testament (Tanakh)  (Joshua 5:14)

Jawabnya: "Bukan, tetapi akulah Panglima Balatentara TUHAN. Sekarang aku datang." Lalu SUJUDLAH YOSUA DENGAN MUKANYA KE TANAH, menyembah dan berkata kepadanya: "Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?" (Yosua 5:14)

7. 2 Tawarikh / 2 Chronicles 20:18
"And Jehoshaphat BOWED HIS HEAD WITH HIS FACE TO THE GROUND: and all Judah and the inhabitants of Jerusalem fell before the LORD, worshipping the LORD." - Old Testament (Tanakh).  (2 Chronicles 20:18)

Lalu BERLUTUTLAH YOSAFAT DENGAN MUKANYA KE TANAH. Seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalempun SUJUD di hadapan TUHAN dan menyembah kepada-Nya. (2 Tawarikh 20:18)

8. 2 Samuel 12:20
"Then David arose from the earth and washed and anointed himself and changed his clothes. And he went into the house of the LORD and worshiped (2 Samuel 12:20)

Lalu Daud bangun dari lantai, ia mandi dan berurap dan bertukar pakaian; ia masuk ke dalam rumah TUHAN dan SUJUD MENYEMBAH. Sesudah itu pulanglah ia ke rumahnya, dan atas permintaannya dihidangkan kepadanya roti, lalu ia makan. (2 Samuel 12:20)

B. Ibadah Kristen Berwudhu Membasuh Tangan dan Kaki

1. Keluaran / Exodus 30:21
"They shall wash their HANDS and their FEET, (Exodus 30:21)
"Haruslah mereka MEMBASUH TANGAN DAN KAKI mereka, (Keluaran 30:21)

2. Keluaran 40:31
"And Moses and Aaron and his sons washed their HANDS and their FEET. (Exodus 40:31)
"Musa dan Harun serta anak-anaknya MEMBASUH TANGAN DAN KAKI MEREKA DENGAN AIR dari dalamnya." Keluaran 40:31)


Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Punya pertanyaan seputar Islam dan ingin menanyakannya langsung ke ustadz? Silahkan ketik pertanyaannya pada kolom yg disediakan di bawah ini.


Kabar Luar Negeri

[Kabar-Luar-Negeri][threecolumns]

Kabar Dalam Negeri

[Kabar-Dalam-Negeri][list]

Artikel

[Artikel][bleft]

Belajar Islam

[Belajar-Islam][twocolumns]

Kabar Islam

[Kabar-Islam][grids]

Ahlul Kitab

[Ahlul-Kitab][bsummary]