Cara Mengharukan Seorang Anak Menyambut Ibunya Di Bandara

Apakah Anda masih memiliki ibu? apakah beliau masih ada? Kalau masih ada, seperti apa Anda menghormatinya dan mengasihinya? Apakah seperti yang dilakukan pria dalam video berikut ini? Ketahuilah wahai saudaraku, kebaikan seperti apa yang kita lakukan kepada ibu kita tidak akan pernah terbalaskan, walaupun seperti yang dilakukan pria dalam video ini. Apa yang dilakukan pria ini belum seukuran satu helai rambut pun bila dibandingkan dengan apa yang telah diberikan seorang ibu kepada kita. Itulah hubungan ibu dan anak.

Terlihat dalam video ini seorang pria yang berasal dari kota Son'a ibu kota Yaman, memberikan sambutan istimewa kepada ibunya saat sang ibu baru tiba dari Bandara di Riyadh, Arab Saudi. Ia mempersiapkan karpet merah persis di depan eskalator pintu kedatangan di bandara tersebut. Cukup lama dia berdiri tanpa merasa malu dengan orang-orang yang melihat apa yang dilakukannya yang terkensan norak. Pria ini tetap menanti kedatangan sang ibu terkasih. Dan saat sang ibu terlihat datang bersama sang ayah, turun dari eskalator dan mendekati anaknya, sang pria justru tidak menuju sang ayah, namun langsung mencium kedua kaki ibunya. Dan setelah itu, dengan penuh haru dia memeluk erat sang ibu.

Peristiwa ini ternyata diliput tanpa sengaja oleh salah seorang wartawan surat kabar Arar Newspaper dan memuatnya di harian tersebut dengan judul Hubungan Ibu dan Anak yang luar biasa. Berita kelakuan pria ini langsung mendapat banyak simpati dari para pembaca. Hampir seluruh pembaca memberi komentar bahwa apa yang telah dilakukan pria ini kepada ibunya belumlah sebanding dengan kasih seorang ibu kepada anaknya. Dan tidak akan pernah terbalaskan.


ibu dan anak

Ibu dan Anak

Sebagai seorang muslim, tentu kita tahu bahwa hubungan antar ibu dan anak adalah hubungan yang istimewa. Seorang anak diwajibkan untuk berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tuanya, terlebih lagi kepada ibunya. Ini jelas terdapat dalam Al-Qur'an pada surat Al-Ahqaaf  ayat 15 dan Surat Luqman ayat 14. Juga dalam berbagai hadits dari Nabi Muhammad Shalallahu'alaihi wasallam, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairoh radhiallahu'anhu di bawah ini:

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian kepada siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian kepada siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘ayahmu."
(HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

Imam Al-Qurthubi menjelaskan bahwa hadits diatas menegaskan tentang ibu dan anak bahwa seorang anak wajib untuk mengasihi ibunya, harus tiga kali lipat lebih besar dibandingkan terhadap ayahnya. Disini Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wasallam menyebutkan kata ibu sebanyak tiga kali, sementara kata ayah hanya satu kali saja.  (Lihat Tafsir Al-Qurthubi X : 239. al-Qadhi Iyadh menyatakan bahwa ibu memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan ayah).

Post A Comment
  • Facebook Comment using Facebook
  • Blogger Comment using Blogger
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Punya pertanyaan seputar Islam dan ingin menanyakannya langsung ke ustadz? Silahkan ketik pertanyaannya pada kolom yg disediakan di bawah ini.


Kabar Luar Negeri

[Kabar-Luar-Negeri][threecolumns]

Kabar Dalam Negeri

[Kabar-Dalam-Negeri][list]

Artikel

[Artikel][bleft]

Belajar Islam

[Belajar-Islam][twocolumns]

Kabar Islam

[Kabar-Islam][grids]

Ahlul Kitab

[Ahlul-Kitab][bsummary]